Jumat, 15 Mei 2015

TUGAS PSIKOLOGI BELAJAR

TUGAS TERSTRUKTUR PSIKOLOGI BELAJAR

Pertanyaan :
  1. Jelaskan apa yang disebut psikologi belajar? Uraikan secara etimologis dan terminologis!
  2. Jelaskan ruang lingkup kajian tentang psikologi belajar?
  3. Jelaskan apa hakikat belajar itu?
  4. Dalam perspektif islam, belajar merupakan kewajiban bagi umat islam sebutkan dalil yang menyatakan bahwa Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu pengetahuan!











1.        Pengertian psikologi belajar

Psikologi belajar adalah sebuah frase yang terdiri dari dua kata, yaitu psikologi dan belajar. Psikologi berasal dari bahasa yunani, yaitu psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa atau ilmu jiwa.
Pengertian belajar menurut kamus bahasa Indonesia, Belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Belajar secara sederhana dapat diberi definisi  sebagai aktivitas yang dilakukan individu secara saadar untuk mendapatkan sebuah kesan dari apa yang telah dipelajari dan sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Aktivitas disini dipahami sebagai serangkaian kegiatan jiwa raga, psikofisik menuju ke perkembangan pribadi individu seutuhnya, yang menyangkut unsur cipta (kognitif), rasa (afektif), dan karsa (psikomotor).
     Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi belajra adalah sebuah disiplin psikologi yang berisi teori-teori psikologi mengenai belajar, terutama mengupas bagaimana cara individu belajar atau melakukan pembelajaran.

2.        Ruang lingkup psikologi belajar

Sebagai sebuah disiplin ilmu yang merupakan cabang dari psikologi, yang kajiannya dikhususkan pada masalah belajar, maka psikologi belajar memiliki ruang lingkup disekitar masalah belajar saja. Jangan bingung bila ruang lingkup psikologi belajar terdapat juga dalam kajian psikologi pendidikan. Karena memang psikologi pendidikan sebagia ilmu terpan (applied science) berusaha menerangkan masalah belajar menurut prinsip-prinsip dan fakta-fakta mengenai tingkah laku manusia yang telah ditentukan secara ilmiah. Karenanya masalah belajar mendapat sorotan yang besar dalam psikologi pendidikan.
Psikologi belajar memiliki ruang lingkup yang secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga pokok bahasan, yaitu masalah belajar, proses belajar, dan situasi belajar.
a.      Pokok bahasan mengenai belajar
1)   Teori-teori belajar.
2)   Prinsip-prinsip belajar.
3)   Hakikat belajar.
4)   Jenis-jenis belajar.
5)   Aktivitas-aktivitas belajar.
6)   Teknik belajar efektif.
7)   Karakteristik perubahan hasil belajar.
8)   Manifestasi perilaku belajar.
9)   Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar.
b.      Pokok bahasan mengenai proses belajar
1)   Tahapan perbuatan belajar.
2)   Perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama belajar.
3)   Pengaruh pengalaman belajar terhadap perilaku individu.
4)   Pengaruh motivasi terhadap perilaku belajar.
5)   Signifikansi perbedaan individual dalam kecepatan memproses kesan dan keterbatasan kapasitas individu dalam belajar.
6)   Masalah proses lupa dan kemampuan individu memproses perolehannya melalui transfer belajar.
c.       Pokok bahasan mengenai situasi belajar
1)   Suasana dan keadaan lingkungan fisik.
2)   Suasana dan keadaan lingkungan non-fisik.
3)   Suasana dan keadaan lingkungan sosial.
4)   Suasana dan keadaan lingkungan non-sosial.





3.    Hakikat belajar

Dari sejumlah pengertian belajar yang diuraikan, ada kata yang sangat penting untuk dibahas, yakni kata “perubahan”  atau change. Change adalah sebuah kata dalam bahasa inggris, yang bila diinndoesiakan berarti “perubahan”. Kata perubahan dibicarakan dan dipermasalahkan, maka pembicaraan sudah termasuk permasalahan mendasar dari masalah belajar. Intinya tidak lain adalah masalah “perubahan” yang terjadi dalam individu yang belajar. Perubahan yang dimaksudkan perubahan yang sesuai dengan perubahan yang dikehendaki oleh pengertian belajar.

4.    Surat Al-mujadilah :11
Artinya : Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.






DAFTAR PUSTAKA

Syaiful Bhari. 2011.Psikologi belajar.jakarta:Rineka cipta
http://marzukisukses.blogspot.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar